5 Tumbuhan Endemik yang Sudah Terancam Punah

Tumbuhan disebut langka apabila jenis tersebut sudah sulit untuk dijumpai, baik di alam bebas ataupun tidak. Hal ini dikarenakan jumlahnya sudah semakin sedikit sehingga terancam punah.

Indonesia yang terkenal akan tanahnya yang subur, memiliki banyak sekali jenis tumbuhan. Bahkan, ada beberapa tumbuhan yang hanya dapat dijumpai di Indonesia.

Namun sayang, terdapat pula beberapa jenis flora yang sudah masuk kedaftar tumbuhan yang dilindungi, karena populasinya sudah berada diambang kepunahan.

Apa saja tumbuhan-tumbuhan yang dimaksud? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Acung Jangkung

Acung Jangkung

Acung jangkung memiliki nama latin Amorphophallus decus-silvae Backer and Alderw. Tanaman ini merupakan tanaman endemik yang hanya ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat.

Tumbuhan acung jangkung merupakan tanaman endemik yang sejenis bunga bangkai yang hanya dapat ditemukan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat.

Populasinya semakin turun hingga masuk kedaftar tanaman langka. Diprediksi tanaman dewasa di alam kurang dari 10.000.

Umbi dari acung jangkung berpotensi sebagai sumber karbohidrat. Namun sayangnya, alih fungsi lahan yang masif terjadi membuat tanaman ini sulit berkembang

2. Bunga Anggrek Sandal Rothschild

Bunga Anggrek Sandal Rothschild

Tanaman langka selanjutnya brada di Kalimantan. Tanaman ini ada di atas gunung yang memiliki ketinggian 1600 hingga 4000 kaki.

Bunga ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mekar, yakni sekitar 15 tahun. Maka dari itu, tanaman ini termasuk yang dilindungi.

Jika tidak sengaja menemukan bunga ini, sebaiknya biarkan saja tanaman ini tumbuh di habitatnya. Sebab, jika diambil atau dipindahkan bisa menyebabkan tanaman mati dan berkurang spesiesnya.

3. Kantong Semar

Ada banyak spesies dari kantong semar yang terancam punah. Tanaman ini banyak yang memburu namun produktifitasnya rendah.

Sehingga populasinya di alam sangat sedikit. Meskipun sudah banyak orang yang bisa membudidayakan tanaman ini, namun jumlahnya pun masih sedikit dan di pasaran harganya juga cukup mahal.

4. Rafflesia Arnoldi atau Bunga Padma Raksasa

Rafflesia Arnoldi

Tanaman dengan nama Rafflesia Arnoldi atau dalam bahasa Indonesia sering dipanggil dengan nama Bunga Padma Raksasa juga masuk dalam kategori tanaman yang dilindungi di Indonesia.

Bunga ini jarang sekali mengalami penyerbukan sehingga populasinya menjadi sedikit. Sangkin langkanya, bunga ini juga dilindungi negara melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

5. Bunga Bangkai 

Bunga Bangkai

Selain bunga Rafflesia Arnoldi, ada lagi bunga yang memiliki aroma bau lain yang disebut dengan nama bunga bangkai. Bunga ini memiliki nama latin Amorphophallus titanum.

Perbedaan bunga bangkai ini dengan bunga Rafflesia Arnoldi terletak pada bentuk bunga. Rafflesia Arnoldi memiliki bentuk bunga yang melebar, sedangkan bunga bangkai memiliki bunga yang menjulang ke atas dan dapat mencapai 4 meter.

Habitat asli bunga bangkai berasal dari pulau Sumatera. Namun saat ini, bunga yang satu ini telah banyak dilestarikan. Salah satunya berada di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, Bandung.

Demikian pembahasan mengenai tumbuhan endemik yang sudah terancam punah. Kita sebagai masyarakat umum juga bisa berpartisipasi menjaga kelestarian flora kita loh.

Yakni dengan menjaga lingkungan agar tetap ramah untuk ditinggali seluruh makhluk hidup terkhususnya tumbuhan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian seputar flora.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Fauna Endemik Indonesia

4 Hewan yang Menggendong Anaknya di Punggung

10 Tanaman Hias Gantung: Tahan Panas dan Hujan, Murah, Serta Merambat