Pengaruh Pohon Pinus dalam Menahan Erosi


Kamu pasti sudah tidak asing dengan hutan pinus kan? Ya, hutan pinus merupakan hutan yang terdiri atas kumpulan tanaman pinus.

Pinus secara genetis memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman pengendali tanah longsor  karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain: perakaran yang dalam, intersepsi dan evapotranspirasi yang tinggi, pohonnya tidak terlalu berat atau ringan.

Tanah longsor merupakan fenomena yang akhir-akhir ini semakin sering terjadi akibat dari curah hujan yang tinggi dan kondisi lereng yang labil. Bencana tanah longsor telah mengakibatkan kerugian yang cukup besar secara materi, bahkan nyawa.

Secara alami, tanah longsor dapat terjadi karena beberapa faktor :

1. Aktivitas manusia

Penggalian untuk keperluan jalan raya, jalan rel, dan perumahan yang dapat memeprtajam kemiringan lereng, seperti bangunan, penanaman jenis tanaman yang berat,dan jarak  tanam  yang  rapat yang dapat menimbulkan beban dinamis akibat tumbuhan tertiup angin, tambahan air  yang  masuk ke pori-pori tanah atau menggenang di permukaan tanah.

2. Curah hujan yang tinggi

 Beberapa penelitian telah membuktikan adanya hubungan yang erat antara hujan dan kejadian  tanah  longsor. Beberapa kejadian tanah longsor di Indonesia disebabkan oleh hujan lebat atau  hujan normal yang  berdurasi tinggi. Hal tersebut memicu terjadinya longsor pada lereng-lereng yang  tanahnya mudah menyerap air, seperti tanah lempung pasiran dan tanah  pasir.

3. Perubahan posisi muka air

Perubahan posisi muka air secara cepat pada bendungan, sungai,dan lain-lain terutama pada tanah-tanah yang berlempung. Penelitian yang dilakukan pada danau dan bendungan yang berkurang  jumlah airnya secara cepat telah menyebabkan longsoran tebing.

4. Penurunan tahanan geser tanah

Penurunan tahanan geser tanah pembentuk lereng akibat kenaikan kadar air, kenaikan tekanan air pori, tekanan rembesan oleh genangan air di dalam tanah, tanah pada lereng mengandung lempung yang mudah kembang susut, dan lain-lain.

5. Getaran atau gempa bumi  

Getaran memicu longsor dengan melemahkan atau memutuskan hubungan antar partikel-partikel penyusun tanah atau batuan pada lereng.

Peran Ekologis Hutan Pinus

Pinus merupakan jenis pohon pionir berdaun jarum yang termasuk dalam famili Pinaceae. Secara alami, pohon pinus tumbuh di Aceh, Sumatera Utara,dan  daerah  Kerinci.

Menurut beberapa penelitian, terdapat beberapa karakter pinus yang berpotensi sebagai pengendali tanah longsor, yaitu :

• Daun atau tajuk pinus

Daun atau tajuk pohon pinus dapat mengurangi jumlah curah hujan yang  sampai pada tanah melalui kemampuan intersepsi  pada  tanaman  pinus. Hal ini berarti, pohon pinus dapat mengurangi jumlah air infiltrasi yang dapat menjadi beban atau faktor penggelincir dalam proses terjadinya longsor pada tanah-tanah miring.

• Akar pinus

Akar pohon pinus yang panjang dan dapat menancap jauh ke dalam tanah dapat memperkuat tanah. pada umumnya, secara mekanis akar memiliki kemampuan untuk memperkuat tanah dan menambah kekuatan tahanan geser tanah, sehingga menguntungkan untuk stabilitas lereng atau menahan longsor. Makin dalam perakaran, semakin bertambah kekuatan tahanan geser tanah atau semakin tinggi kemampuan tanah untuk bertahan terhadap usaha perubahan bentuk pada kondisi tekanan dan kelembaban tertentu.

• Memiliki nilai evapotranspirasi tinggi

Pohon pinus memiliki nilai evapotranspirasi yang tinggi sehingga dapat mengurasi kemungkinan terjadinya erosi dan tanah longsor. Vegetasi pohon melalui mekanisme evapotranspirasi dapat mengurangi tekanan air pori dalam tanah tersebut sehingga dapat mengurangi tambahan  gaya   yang akan memicu terjadinya longsor. Pinus sebagai  pohon yang evergreen memiliki nilai evapotranspirasi yang besar dibandingkan dengan jenis pohon lain.

Demikian lah penjelasan mengenai pohon pinus dan pengaruhnya dalam menahan erosi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Fauna Endemik Indonesia

4 Hewan yang Menggendong Anaknya di Punggung

10 Tanaman Hias Gantung: Tahan Panas dan Hujan, Murah, Serta Merambat