6 Satwa Langka di Indonesia yang Dilindungi


Indonesia dikenal dengan beragam satwa yang hidup bebas di alam. Beberapa diantaranya merupakan satwa langka yang di lindungi.

Satwa langka di Indonesia terancam punah karena habitat yang berkurang hingga aktivitas perburuan yang dilakukan oleh manusia. Sejumlah kementerian di Indonesia hingga berbagai lembaga internasional mencoba melindungi hewan-hewan endemik Indonesia ini dari kepunahan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut dijelaskan beberapa daftar satwa langka yang keberadaannya dilindungi.

1. Harimau Sumatera


Dilansir dari laman Wikipedia, Harimau Sumatera ini satu-satunya anggota subspesies harimau sunda yang masih ada hingga sekarang. Harimau Sumatera atau Panthera tigris sondaica merupakan salah satu satwa langka yang ada di Indonesia.

Keberadaannya sekarang terancam punah dan masuk ke dalam daftar merah yang dirilis oleh Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Ancaman terbesar dari hilangnya populasi Harimau Sumatera ini diakibatkan oleh rusaknya habitat akibat ulah manusia, seperti pembukaa lahan dan yang lainnya.

2. Burung Cendrawasih


Keberadaan Burung Cendrawasih saat ini sudah semakin sedikit dan terancam punah sehingga membuatnya menjadi hewan yang dilindungi. Satwa langka ini dapat dijumpai di bagian Timur Papua, Papua Nugini, hingga Australia Timur. Karena memiliki bulu yang cantik, dulu Burung Cenderawasih ini diburu untuk dijadikan bahan pembuatan topi wanita di Eropa.

Kemudian semakin lama aktivitas perburuan tersebut mengakibatkan penurunan jumlah Burung Cenderawasih, bahkan beberapa jenis yang ada dikatakan terancam punah. Selain perburuan liar, perusakan habitat yang mengakibatkan hilangnya tempat tinggal seperti penebangan hutan juga menjadi faktor burung ini terancam punah.

3. Badak Jawa


Badak Jawa merupakan spesies badak yang paling terancam punah di antara lima spesies badak di dunia. Sekitar 60 badak Jawa kini tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, satu-satunya harapan setelah tidak lagi ada di awal abad ke-20 di Asia Tenggara, India, dan Sunderbans.

Badak Jawa kian rentan punah karena risiko bencana alam tsunami di ujung Banten, kerusakan habitat, penyakit, dan pemotongan cula. Potensi kawin sedarah dan risiko sempitnya genetic diversity badak Jawa menyebabkan spesies ini rentan tidak bertahan dalam jangka panjang.

4. Orang Utan


Orang utan Sumatra (Pongo abelii), orang utan Tapanuli (Pongo tapanuliensis), dan orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus), adalah tiga spesies orang utan di Indonesia berstatus critically endangered atau terancam punah.

Di samping hanya melahirkan anak setiap 3-5 tahun, orang utan kian terancam punah karena perburuan dan penebangan hutan. Ia kadang dipindahkan ke area agrikultur seperti perkebunan sawit, sehingga memberontak dan merusak lahan perkebunan.

5. Komodo


Komodo merupakan spesies kadal terbesar dengan beratnya mencapai 100 kg dan saat ini keberadaannya terancam punah. Hewan langka yang satu ini tinggal dan dilindungi di Taman Nasional Komodo yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagian besar faktor kelangkaan kadal raksasa ini akibat dari ulah manusia yang tidka bertanggung jawab.

6. Jalak Bali


Satwa langka yang dilindungi selanjutnya adalah Jalak Bali. Satwa ini termasuk ke dalam hewan endemik Bali yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. Cantiknya tampilan dari burung ini membuat banyak orang yang ingin memilikinya sehingga terjadi perburuan liar. Inilah salah satu faktor semakin lama, populasi dari Jalak Bali berkurang dan tarancam punah.

Itulah informasi menganai 6 satwa langka di Indonesia yang dilindungi. Agar satwa tersebut tidak punah, perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Hewan yang Menggendong Anaknya di Punggung

6 Fauna Endemik Indonesia

10 Tanaman Hias Gantung: Tahan Panas dan Hujan, Murah, Serta Merambat